PENGERTIAN PR
PR pada
hakikatnya adalah keiatan komunikasi , kendati agak lain dengan kegiatan
komunikasi lainnya, karena cirri hakiki dari komunikasi PR adalah two way
communications ( komunikasi dua arah atau timbal balik ).
RACHMADI , 1994 : 7 .
PR adalah salah satu bidang ilmu
komunikasi praktis , yaitu penerapan ilmu komunikasi pada suatu organisasi atau
perusahaan dalam melaksanaan fungsi manajemen.
Pakar
lain
menyebutkan PR adalah “ two simple word “ yang merupakan
bidang ilmu dan kegiatan praktis yang sedang dan akan terus berkembang.
J.C. SEIDEL , direktur PR ,
Division of housing , state New York berbunyi :
PR
adalah proses yang kntinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperolah goodwill ( kemauan baik ) dan pengertian
dari pelanggan , pegawai , dan public yang lebih luas. Kedalam mengadakan
analisis dan perbaikan diri sendiri ,
sedangkan keluar memberikan pernyataan-pernyataan.
W. EMERSON RECK , Direktur PR
Universitas Colgate berbunyi :
PR adalah lanjutan dari proses pembuatan
kebijaksanaan , pelayanan , dan tindakan bagi kepentingan terbaik dari suatu
individu atau kelompok agar individu atau lembaga tersebut memperoleh
kepercayaan dan goodwill dari publik.
HOWARD BONHAM , Wakil Ketua Palang
Merah Nasional Amerika Serikat
PR
adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian public yang lebih baik , yang
dapat memperdalam kepercayaan public terhadap suatu individu atau organisasi /
perusahaan ( diadopsi dari Abdurachman ,
2001 : 24-25 )
FRANK JEFKINS dalam bukunya Public
Relations in Word Marketing
PR
adalah suatu system komunikasi untuk
menciptakan kemauan baik .
L. BERNAYS dalam bukunya Public
Relations
PR
mempunyai 3 arti ,
1. Penerangan
kepada public
2. Persuasi
di tujukan kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku public
3. Upaya
untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga .
Prof. BYRON CHRISTIAN
PR
adalah suatu usaha yang secara sadar memotivasi agar orang-orang terpengaruh ,
terutama melalui komunikasi , agar
timbul fikiran yang sehat terhadap suatu organisasi , member rasa hormat ,
mendukung dan bertahan dengan berbagai cobaan dan masalah .
International Public Relations
Associations ( IPRA )
PR
adalah
fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi
dan lembaga swasta atau publik untuk memperoleh pengertian , simpati dan
dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungan nya dengan
penelitian opini publik diantara mereka .
CUTLIP , CENTER DAN BROWN
PR
adalah
fungsi manajemen secara khusus yang mendukung terbentuknya saling pengertian
dalam komunikasi , pemahaman , penerimaan dan kerja sama antara organisasi
dengan bebagai publiknya.
Defenisi kamus terbitan Institute
of Public Relations ( IPR ) , sebuah lembaga terkemuka di Inggris dan Eropa ,
terbitan bulan November 1987 ,
HUMAS
adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan
berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling
pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya . Jadi humas
adalah suatu rangkaian kegiatan yang diorganisasi sedemikian rupa sebagai suatu
rangkaian kampanye atau program terpadu , dan semua nya itu berlangsung secara
berkesinambungan dan teratur .
Kamus Fund and Wagnal , American
Standars Desk Dictionary terbitan 1994
HUMAS
diartikan sebagai segenap kegiatan dan tekhnik
kiat yang digunakan oeh organisasi
individu untuk menciptakan atau memelihara suatu sikap dan tanggapan
yang baik dari pihak luar terhadap keberadaan dan prakterjangnya.
Pada pertemuan asosiasi-asosiasi
humas seluruh dunia di Mexico city , Agustus 1978
HUMAS
adalah suatu seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisis berbagai
kecendrungan , memprediksikan setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap
kegiatannya , memberikan masukan dan saran-saran kepada para pemimpin
organisasi , dan mengimplementasikan program-program tindakan yang
terencanauntuk melayani kebutuhan organisasi atau kepentingan khalayaknya.
The
international Public Relations Associations ( IPRA )
PR is
a management function , of a continuing and planned character , trough which
public and private organization and institutions seek to win and retain the understanding , sympathy and
support of those with whom they are or may be concerned – by evaluating public
opinion about themselves , in order to correlate , as far as possible , their
own policies and procedures , to achieves by planned and widespread information
more productive cooperation and more efficient fulfillment of their common
interests.
WEBSTER’S
New International Dictionary edisi ke tiga
1.
The
promotion or rapport and goodwill a person , firm , or institution and other
person , special publics , or the community at large through the distribution
of interpretative material , the development of neighborly interchange , and
the assessment of public relation.
2.
a.
the degree of understanding and goodwill achieved between and individua ,
organization , or institution and the public.
b. the
application of the techniques for achieving this relation ship.
3. a. the art or science of developing
reciprocal understanding and goodwill
b. the professional staff entrusted with thus
task.
JOHN
E. MARSTON
Public relations is planned , persuasive
communication designed to influence significant public.
ROBERT
T. RELLY
Public relations practice is the art and social
science of analyzing trends , predicting their consequencs , counseling
organizations leaders , and implementing planned program of action which serve
both the organizations and the public interest.
WILLIAM
L. RIVERS
Publlic relations is the skilled of communications of ideas
to the various publics with the object o of producing a desired result , to
change the public image of an individual or corporation or to other public
attitude toward company policies.
0 comments:
Post a Comment