Saturday, October 13, 2012

Pengertian Publik Relation


PENGERTIAN PR

PR pada hakikatnya adalah keiatan komunikasi , kendati agak lain dengan kegiatan komunikasi lainnya, karena cirri hakiki dari komunikasi PR adalah two way communications ( komunikasi dua arah atau timbal balik ).

*      RACHMADI , 1994 : 7 .
                        PR adalah salah satu bidang ilmu komunikasi praktis , yaitu penerapan ilmu komunikasi pada suatu organisasi atau perusahaan dalam melaksanaan fungsi manajemen.
Pakar lain menyebutkan PR adalah “ two simple word “ yang merupakan bidang ilmu dan kegiatan praktis yang sedang dan akan terus berkembang.

*      J.C. SEIDEL , direktur PR , Division of housing , state New York berbunyi :
                        PR adalah proses yang kntinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperolah goodwill ( kemauan baik ) dan pengertian dari pelanggan , pegawai , dan public yang lebih luas. Kedalam mengadakan analisis dan perbaikan diri sendiri  , sedangkan keluar memberikan pernyataan-pernyataan.

*      W. EMERSON RECK , Direktur PR Universitas Colgate berbunyi :
                        PR  adalah lanjutan dari proses pembuatan kebijaksanaan , pelayanan , dan tindakan bagi kepentingan terbaik dari suatu individu atau kelompok agar individu atau lembaga tersebut memperoleh kepercayaan dan goodwill dari publik.

*      HOWARD BONHAM , Wakil Ketua Palang Merah Nasional Amerika Serikat
                        PR adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian public yang lebih baik , yang dapat memperdalam kepercayaan public terhadap suatu individu atau organisasi / perusahaan ( diadopsi dari Abdurachman , 2001 : 24-25 )

*      FRANK JEFKINS dalam bukunya Public Relations in Word Marketing
                         PR adalah suatu system komunikasi untuk  menciptakan kemauan baik .

*      L. BERNAYS dalam bukunya Public Relations
                        PR mempunyai 3 arti ,
1.      Penerangan kepada public
2.      Persuasi di tujukan kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku public
3.      Upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga .


*      Prof. BYRON CHRISTIAN
                        PR adalah suatu usaha yang secara sadar memotivasi agar orang-orang terpengaruh , terutama melalui komunikasi  , agar timbul fikiran yang sehat terhadap suatu organisasi , member rasa hormat , mendukung dan bertahan dengan berbagai cobaan dan masalah .

*      International Public Relations Associations  ( IPRA )
                        PR adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk memperoleh pengertian , simpati dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungan nya dengan penelitian opini publik diantara mereka .

*      CUTLIP , CENTER DAN BROWN
                        PR adalah fungsi manajemen secara khusus yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi , pemahaman , penerimaan dan kerja sama antara organisasi dengan bebagai publiknya.

*      Defenisi kamus terbitan Institute of Public Relations ( IPR ) , sebuah lembaga terkemuka di Inggris dan Eropa , terbitan bulan November 1987 ,
                        HUMAS adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya . Jadi humas adalah suatu rangkaian kegiatan yang diorganisasi sedemikian rupa sebagai suatu rangkaian kampanye atau program terpadu , dan semua nya itu berlangsung secara berkesinambungan dan teratur .

*      Kamus Fund and Wagnal , American Standars Desk Dictionary terbitan 1994
                        HUMAS diartikan sebagai segenap kegiatan dan tekhnik  kiat yang digunakan oeh organisasi  individu untuk menciptakan atau memelihara suatu sikap dan tanggapan yang baik dari pihak luar terhadap keberadaan dan prakterjangnya.
*      Pada pertemuan asosiasi-asosiasi humas seluruh dunia di Mexico city , Agustus 1978
                        HUMAS adalah suatu seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisis berbagai kecendrungan , memprediksikan setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya , memberikan masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi , dan mengimplementasikan program-program tindakan yang terencanauntuk melayani kebutuhan organisasi atau kepentingan khalayaknya.

*      The international Public Relations Associations ( IPRA )
                        PR is a management function , of a continuing and planned character , trough which public and private organization and institutions seek to win  and retain the understanding , sympathy and support of those with whom they are or may be concerned – by evaluating public opinion about themselves , in order to correlate , as far as possible , their own policies and procedures , to achieves by planned and widespread information more productive cooperation and more efficient fulfillment of their common interests.
*      WEBSTER’S New International Dictionary edisi ke tiga
1.      The promotion or rapport and goodwill a person , firm , or institution and other person , special publics , or the community at large through the distribution of interpretative material , the development of neighborly interchange , and the assessment of public relation.
2.      a. the degree of understanding and goodwill achieved between and individua , organization , or institution and the public.
b. the application of the techniques for achieving this relation ship.
3.    a. the art or science of developing reciprocal understanding and goodwill
 b. the professional staff entrusted with thus task.

*      JOHN E. MARSTON
                        Public relations is planned , persuasive communication designed to influence significant public.

*      ROBERT T. RELLY
                        Public relations practice is the art and social science of analyzing trends , predicting their consequencs , counseling organizations leaders , and implementing planned program of action which serve both the organizations and the public interest.

*      WILLIAM L. RIVERS
                        Publlic relations is the skilled of communications of ideas to the various publics with the object o of producing a desired result , to change the public image of an individual or corporation or to other public attitude toward company policies.

0 comments:

Post a Comment

4zzakia.blogspot.com. Powered by Blogger.